Kenapa harus Belanda?

Posted 09.59 by Gita Yurnidasari P. in

1

Mendengar kata Belanda, saya jadi teringat obrolan saya dengan teman saya. Ketika dia bertanya, "kalau kamu punya pilihan untuk kuliah di luar negeri, negara mana sih yang bakalan kamu pilih?". Dengan yakin saya menjawab,"So pasti Belanda, dong!". Teman saya langsung kaget dan berkata,"Ngapain sih kamu pilih Belanda? Mendingan di Amrik, Australia, atau Inggris. Pendidikannya kan lebih bagus dan bahasanya juga lebih familiar. Kalau kamu kuliah di Belanda pasti kamu harus bisa bahasa Belanda juga". Saya pun tersenyum mendengar opini dia tentang pendidikan di Belanda. Well, disini saya akan menjelaskan kenapa saya memilih Negara Kincir Angin ini.

Meskipun Belanda adalah negara kecil di Eropa, tapi negara ini tak kalah hebat loh dengan negara-negara lain. Dibidang pendidikan saja negara ini memiliki reputasi yang sangat keren. Dunia pun mengakuinya. Pendidikan tinggi di negeri ini menawarkan berbagai macam pendidikan yang berkualitas tinggi dan riset yang unggul. Tak heran jika Belanda menduduki posisi ke-4 di dunia dalam hal research impact. Wow, keren!!
Sebenarnya, kendala bahasa bukan suatu alasan yang tepat untuk tidak study di Belanda. Banyak loh perguruan tinggi di Belanda yang menawarkan international courses dengan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Ada sekitar 1400 lebih program studi berbahasa inggris untuk berbagai bidang yang ditawarkan oleh universitas atau institusi pendidikan tinggi di Belanda. So, siapapun diantara kalian yang ingin study disana, kalian tidak wajib bisa berbahasa belanda. Kalian bisa memakai bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan agar kalian terbiasa dengan kultur internasional. Sehingga dapat membangun kerjasama internasional setelah kelulusan nanti.
Kemudian alasan lain yang menurut kalian Belanda bukanlah negara pilihan yang cocok untuk pendidikan adalah mahalnya biaya kuliah di negara tersebut. Eits, lagi-lagi itu bukanlah alasan yang tepat. Kalian tak perlu khawatir dengan masalah biaya. Untuk biaya perkuliahan di Negeri Kincir Angin ini terkenal lebih murah loh dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Meskipun pendidikan di Belanda tidak gratis, namun biayanya cukup terjangkau. Karena pemerintah Belanda sangat baik, mereka memberikan subsidi untuk setiap program internasional. Menurut informasi yang saya dapat, biaya kuliah di Belanda, sebagai berikut:
  • Program Bachelor (S1) berkisar €3500-€7500 per tahun.
  • Program Master (S2) berkisar €4000-€15000 per tahun.
Sedangkan, untuk living cost ditanggung oleh masing-masing mahasiswa. Namun setiap mahasiswa dapat mengajukan izin kerja sampingan selama 10 jam per minggu untuk menambah pengalaman dan memenuhi biaya hidup (hanya bila telah memperoleh temporary resident permit dari Imigrasi Belanda). Biaya hidup di Belanda lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Apabila kalian study di Belanda dengan beasiswa, kalian hanya akan menghabiskan sepertiga dana untuk tempat tinggal. Sepertiga lainnya untuk makan. Untungnya kebanyakan universitas di Belanda menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau. Tapi, yang paling hemat adalah memasak sendiri. Sepertiga bagian tersisa biasanya digunakan untuk membeli buku, transportasi, dan keperluan lainnya. Nah, apa kalian masih ragu untuk memilih Belanda sebagai negara pilihan untuk study?
Reputasi pendidikan di Belanda menjadi magnet dan menarik banyak orang untuk study disana. Belanda benar-benar membuat dunia berdecak kagum atas prestasinya dibidang pendidikan.


2 comment(s) to... “Kenapa harus Belanda?”

2 comments:

Unknown mengatakan...

Negeri Impian untuk dikunjungi :)

salam kenal ya, nice blog.

Yunaidi Joepoet
http://www.ranselkosong.com



Gita Yurnidasari P. mengatakan...

hehe..iya negeri impian banget :)
Salam kenal juga, thank ya...



Posting Komentar