Belanda untuk Dunia

Posted 09.54 by Gita Yurnidasari P. in

1

Belanda adalah mimpi saya sejak saya masih kecil. Saya pun selalu berusaha mencari semua informasi tentang apapun yang berhubungan dengan Belanda, termasuk keju, kincir angin, tulip, pendidikan di Belanda, budaya masyarakatnya, sepak bola, dan lain-lain. Tapi, kali ini saya tertarik untuk membahas beberapa penemuan yag dipelopori oleh penemu-penemu dari Belanda yang memberikan banyak kontribusi untuk dunia.

Belanda memiliki pengaruh yang besar untuk masyarakat seantero dunia. Pengaruh besar ini disebabkan karena beberapa penemu yang berasal dari Belanda mampu menemukan berbagai macam penemuan yang memiliki banyak manfaat dan dengan suskes membawa perubahan untuk dunia. Inilah beberapa penemuaan dari para penemu tersebut:

1. Microscope

Microscope ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Belanda yang lahir di The Hague pada tahun 1580, yaitu Zacharias Janssen. Penemuan ini berguna untuk melihat benda-benda yang sangat kecil, seperti bakteri, amoeba, sel darah, dan lain-lain. Sampai sekarang microscope masih digunakan.

Microscope

2. Pendulum Clock

Pendulum clock atau yang biasa kita kenal dengan nama jam gandul ditemukan pertama kali oleh Christiaan Huygens. Penemu berkebangsaan Belanda lahir pada tahun 1629. Sampai sekarang pendulum clock masih ada dengan berbagai macam perkembangan.

3. Submarine

Submarine atau kapal selam berhasil dibangun pertama oleh Cornelius van Drebbel yang lahir pada tahun 1572 di Alkmaar. Saat ini kapal selam temuan van Drebbel mulai dikembangkan untuk tujuan militer. Terutama sebagai kapal selam perang.

submarine

4. Artificial Kidney

Willem Johan "Pim" Kolff atau yang lebih dikenal dengan nama dr. Willem Kolff adalah penemu Artificial Kidney (ginjal buatan) yang lahir di Leiden pada tahun 1914. Alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan darah dan kemudian membersihkan darah pasien yang mengalami kerusakan ginjal atau sudah tidak memiliki ginjal lagi.

Artificial Kidney

5. Teleskop

Seorang ahlli kacamata asal Belanda yang lahir pada tahun 1570, Hans Lippershey, dikenal sebagai pembuat teleskop pertama kali. Dengan benda ini kita dapat melhat benda yang jauh menjadi lebih dekat dan jelas.

Teleskop

Well, dengan beberapa penemuan di atas, Belanda mampu berada diposisi ke-6 dan mengalahkan negara hebat dan besar seperti Inggris, Singapura, Kanada, serta Australia untuk Technology Oriented Countries. Tak heran jika Belanda masuk dalam 10 negara terbaik di dunia.



0 comment(s) to... “Belanda untuk Dunia”

0 comments:

Posting Komentar